Panduan Orang Tua untuk Video Game

Video game semakin populer untuk orang-orang dari segala usia dan latar belakang. Ini berarti semakin banyak anak yang bermain video game juga. Namun, beberapa orang tua mengkhawatirkan apakah mereka harus mengizinkan anak mereka bermain video game atau tidak. Dan jika perlu, mana yang aman dan sesuai? Anda bisa melihat banyak game yang direkomendasikan di https://www.teknohits.com

Industri video game bisa menjadi pemandangan yang membingungkan bagi orang tua, terutama mereka yang tidak bermain sendiri. Namun, tampaknya game benar-benar gelombang masa depan dan akan sulit untuk menghindarinya sepenuhnya. Sebaliknya, Anda harus mempelajarinya sehingga Anda dapat mengajari anak Anda cara menggunakannya dengan aman.

Meskipun Anda sebagai orang tua selalu berhak melarang anak Anda bermain game, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang mereka. Video game mendapatkan reputasi buruk di media selama bertahun-tahun, tetapi teknologi game menjadi bagian besar dari budaya kita.

Game sedang dikembangkan menjadi perangkat pembelajaran di sekolah dan universitas. Mereka bahkan digunakan untuk melatih militer dan astronot. Mereka telah digunakan sebagai alat terapi untuk orang yang sakit atau terluka juga. Dengan permainan yang menjadi bagian penting dari masa depan kita, penting bagi Anda untuk membantu anak Anda mengenalnya. Anda dapat melakukannya dengan cara yang aman dan sehat. Mengajari anak Anda kebiasaan video game yang positif hari ini dapat tetap bersama mereka selama sisa hidup mereka.

Ketahui Game tersebut

Sebelum Anda bisa mengetahui game apa yang cocok untuk dimainkan oleh anak Anda, Anda perlu mengetahui game apa saja yang tersedia. Ada berbagai platform tempat anak Anda dapat bermain game. Ini termasuk:

· PC (komputer)
· Wii
· Xbox 360
· PS3
· DS
· PSP
· iPhone
· versi lama dari konsol di atas seperti Playstation, Nintendo, dan lainnya

Sistem permainan menjadi semakin kompleks dengan fitur dan kemampuannya. Ini berarti setiap sistem baru yang keluar memiliki lebih banyak hal yang dapat dilakukannya. Konsol dapat digunakan untuk memutar DVD dan CD musik dan bahkan untuk terhubung ke Internet dan memungkinkan pemutaran online. Dengan perubahan teknologi yang begitu cepat, tampaknya sulit untuk mengikuti video game, tetapi jika Anda bisa selangkah lebih maju dari anak Anda, Anda akan selalu tahu tentang apa yang ingin mereka mainkan dan apa yang aman untuk mereka mainkan.

Tips untuk Video Game

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda pelajari tentang video game sebagai orang tua adalah sistem rating dan artinya. Video game memiliki sistem rating yang mirip dengan film. Saat Anda belajar membaca dan memahami sistem rating ini, Anda akan mendapat gambaran umum tentang game mana yang aman untuk dimainkan oleh anak Anda.

Hal berikutnya yang perlu Anda pelajari adalah bagaimana mendapatkan review dari preview game. Banyak game memungkinkan Anda untuk melihat atau mengambil sampelnya sebelum membeli. Ini memberi Anda kesempatan untuk memeriksa sendiri game tersebut sebelum mengizinkan anak Anda bermain.

Berikut beberapa tip dasar tambahan untuk video game:

· Berbicara dengan anak Anda tentang permainan yang mereka mainkan
· berpartisipasi dengan anak Anda dalam bermain game
· berbicara bersama keluarga tentang aturan permainan video Anda
· memberi batasan waktu pada berapa lama anak Anda dapat bermain dalam sesi- kemudian pastikan untuk mematuhinya
· dorong istirahat selama waktu permainan video
· dorong anak Anda untuk melakukan aktivitas fisik secara teratur juga

Video Game untuk Anak-Anak yang Lebih Muda

Ada banyak permainan yang dibuat untuk anak kecil. Anda akan terkejut betapa hebatnya alat belajar seperti video game bahkan untuk anak kecil. Sama seperti hal lainnya, jika digunakan dengan benar dan aman, video game bisa sangat bagus untuk anak-anak. Mereka seharusnya tidak, tentu saja, menjadi pengasuh anak untuk anak Anda.

Berikut beberapa contoh judul game untuk berbagai platform yang cocok untuk anak kecil:

· Perjalanan Logis Zoombinis (PC, Mac)
· Pembuat Lego (PC)
· Kutu Buku (PC)
· Hewan Ajaib Menyelamatkan Hewan (Nintendo DS)
· Petualangan Dinosaurus 3D (PC)

Video Game untuk Anak yang Lebih Tua

Jangan salah percaya bahwa anak-anak yang lebih besar hanya bisa dihibur dengan permainan tembak-menembak. Ada banyak gim video bagus untuk anak-anak yang lebih besar dengan peringkat yang dapat Anda setujui. Ada juga permainan bagus untuk merangsang pikiran mereka dan yang membantu mereka tetap bugar. Lebih banyak game sedang dirancang untuk membuat mereka bangkit dan bergerak dari sebelumnya.

Berikut beberapa contoh (Judul ini diberi peringkat T untuk Remaja):

· InFamous (PS3)
· The Sims 3 (PC)
· World of Warcraft and expansions (PC)
· Super Smash Bros. Brawl (Wii)
· The Conduit (Wii)
· Final Fantasy VIII (PlayStation)
· Tales of Vesperia (Xbox 360 )
· Guitar Hero 3 (Xbox 360)
· Mount and Blade (PC)

Ingatlah bahwa game yang diperingkat untuk remaja mungkin berisi konten yang tidak cocok untuk anak kecil atau remaja belia. Anda mungkin ingin melihat dulu game-game ini sebelum mengizinkan anak Anda memainkannya. Label peringkat juga harus mencantumkan mengapa game tertentu memiliki peringkat yang memiliki istilah seperti “darah dan darah kental”, “Kekerasan”, “bahasa dewasa”, “minum”, “Tema menjurus”, dll.

Video Game untuk Seluruh Keluarga

Video game bisa menjadi urusan seluruh keluarga. Anda tidak harus hidup dengan stereotip anak yang duduk berjam-jam di depan TV sambil bermain video game sendirian. Game bisa menjadi acara keluarga dan ini memberi Anda kesempatan untuk menjadi bagian dari sesuatu yang Anda sukai juga.

Berikut beberapa game dengan rating E untuk Semua Orang yang mungkin Anda nikmati bersama anak Anda:

· Wii Sports Resort (Wii)
· Wii Fit (Wii)
· Virtua Tennis (Wii)
· Little Big Planet (PS3)
· Mario Cart Wii (Wii)
· Mario Kart (Nintendo DS)
· NCAA Football (PS3)
· Pokemon Platinum ( Nintendo DS)
· Super Mario Galaxy (Wii)
· Brain Age (Nintendo DS)
· Lego Indiana Jones (Wii dan PC)

Video game tidak harus mengarah pada kekerasan, obesitas, atau pengaruh negatif lainnya pada anak Anda. Mereka bisa menjadi pengalaman yang positif, alat belajar dan mereka bahkan dapat membantu Anda berolahraga (pikirkan Wii Fit). Namun, seperti hal lain dalam kehidupan anak Anda, Anda harus menjadi orang yang mulai mengajari mereka kebiasaan sehat. Biarkan kebiasaan bermain game keluarga yang sehat Anda mulai hari ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *